RSS

GDW/KSS: Akhirnya Si Belang Bisa Merem Juga

20 Jul

Hai.. Hai.. Hai..

Yah, ketemu lagi ni sama saya, setelah beberapa hari ngilang.. πŸ˜€

Mungkin timbul pertanyaan, kok judul artikelnya gitu? 😯 :mrgreen:
Ya, maksudnya itu saya habis ngubah sistem lampu Si Belang yg berfitur “aneh” yg ngilangin sakelar lampu alias AHO itu sehingga lampunya nggak bisa dimatikan, jadi bisa dimatikan.
Mungkin buat yg berduit bisa aja bawa ke bengkel resmi atau umum, trus pasang holder/ rumah sakelar FU non AHO yg ada sakelar lampunya yg berharga ratusan ribu itu, pulang2 udah beres, bisa matiin lampu. Ataupun buat yg nggak mau repot, bawa ke bengkel umum trus dipasangi saklar biasa, yg penting bisa matiin lampu.

Tapi saya emoh ya, nggak mau. Selama bisa diakali dan bisa kerjakan sendiri, ya kerjakan sendiri sajalah.
Kalo buat yg beli holder di beres sama sekalian minta dipasangin, misal sama sekalian waktu servis rutin mungkin cuma tambah ongkos 5000 rupiah, ato kalo cuma khusus minta dipasangin holder bayar 10.000, sedangkan harga holder bisa tembus dua ratusan ribu.. 😯

Atau kalo yg nggakΒ mau beli holder, trus bawa ke bengkel umum minta dipasangin sakelar biasa. Memang ongkos bsia lebih murah, tapi kan kita nggak tau pengerjaannya. Rapi apa nggak, ngrusak apa nggak. Ya kalo rapi, lha kalo asal2an,Β trus salah potong kabel. Kan kita yg nyesek sendiri.. Motor di rumah disayang-sayang, di bengkel di acak-acak nggak karuan. πŸ‘Ώ

Nah,Β  makanya lewat artikel ini saya mau berbagi pengalaman saya waktu operasi Si Belang biar bisa merem. πŸ˜‰
Sebelumnya saya mau ngucapin makasih yg sebesuar-besuarnya sama mas Galah Pengering alias mas kristalkuning yg bantuin saya tentang warna kabel. πŸ™‚

Sebenernya proses operasi ini udah selesai dari hari Minggu tanggal 15 kemarin, dan malemnya udah bikin konsep. Proses bongkar sama ngurut kabelnya seminggu dari tanggal 9. Jadi selama hampir seminggu motor dimasukkin ke kamar trus dipretelin. Motor sendiri juga, jadi ngerjainnya santai2 aja.. πŸ˜†Β :mrgreen:
*lha tapi kenapa kok nggak langsung malem itu dibikin artikel?
Soalnya bantuin mikir bekal MOS si dia yg aneh2. *ups ketauan.. :mrgreen: *lha kok pas Senin nggak diselesaiin? Soalnya sempet menggalau karena mikirin si dia yg malemnya juga cerita takut diapa2in sama kakak senior di SMAnya.*keceplosan lagi.. 😳 :mrgreen: trus juga si dia cerita lagi nggak enak badan. 😦
*trus kenapa Selasa sampe Jumat nggak dibikin? πŸ˜• lagi galau juga, kangen sama mikirin dia. Jadinya mood ngetik ilang.. :mrgreen:

Sebenernya tulisan kali ini tu nyambung tentang sepaisyot yg kemarin, yg fotonya ngeblur itu lho. :mrgreen:
Ini tampilan jelasnya.. :mrgreen:

Nah udah jelas kan sekarang.. πŸ˜† Si Belang kepalanya ilang.. 😯 :mrgreen:
*Ayo ah cepetan artikelnya, muter2 terus..! πŸ‘Ώ

Yah, oke..
Pertama2, siapkan Alat dan Bahannya dulu..
1. Obeng
2. Kunci ring baut 8
3. Kabel
4. Sakelar
5. Isolasi bakar(selongsong kabel) kalo nggakΒ isolasi kabel
6. Niat & keberanian

Jadi kemarin itu pertama2 prosesnya nyopot batok lampu dulu, caranya copot 2 baut di kiri sama kanan batok pake obeng, trus juga ada 1 lagi di bawah lampu pake kunci ring 8 gepeng.

Habis itu, setelah kebuka kaya gini ➑ 😯

Habis itu, kemarin saya sempet bingung mau bongkar kabel di soket yg mana. Soalnya yg berhubungan sama lampu ada 2 soket, warna krem gitu sama warna kuning.
Trus ya akhirnya konsultasi sama mas Galah Pengering via sms, trus sempet juga email2an soal skema kabelnya.
Akhirnya setelah berpusing2, ketemu juga jalurnya di soket warna kuning. Soket warna kuning tu soket dari kabel bodi masuk ke holder sebelah kiri.
Penampakannya.. ➑

Diurut2, ketemu juga kabel arus/setrum dari sepul. Warna kabelnya kuning-putih/ kuning bergaris putih.
Skema lengkapnya gini.. ➑

Habis itu, tinggal dilepas/dicabut kabelnya dari rumah soket. Caranya ditusuk pas bagian klipnya sampe bunyi klik, trus ditarik. Kalo nggak mau susah ya tinggal dipotong aja kabelnya pas di tempat yg agak luas, biar nyambungnya gampang.
Tapi kalo saya sih milih nyabut aja, biar nggak ngrusak. Jadinya kalo mau dibalikin bisa rapi.. πŸ˜‰
Penampakkan setelah dicabut.. ➑

Keliatan kan ada kabel yg di luar rumah soket? πŸ˜‰

Habis itu siapin sakelar, kabel sama isolasi kabel. Bagian ini terserah masing2, mau pake sakelar sama kabel yg kayak gimana. πŸ˜‰ Tapi yg jelas harus pake kabel yg serabutnya banyak, trus juga sakelarnya yg kuat. Soalnya Wattnya gede, misal kalo pas lampu deket (25+5+3,4=33,4 W), trus pas lampu jauh (25+18+5+3,4=51,4 W)
Kalo saya sih pake kabel sama sakelar kaya gini.. ➑

Intinya tu sakelarnya dikasih kabel secukupnya, 15 cm an aja cukup.

Habis itu trus dipasang ke kabel yg dicopot dari soket kuning, yg udah dijelasin di gambar sebelumnya. Nggak usah disolder nggak knapa2, cukup dililit aja yg kenceng. Ya tujuannya biar klo mau dikembaliin lebih gampang.. πŸ˜‰ Habis itu trus diisolasi…
Kalo saya pake isolasi bakar.. πŸ˜‰
Penampakan

Habis itu siapin plat buat dudukan, ato kalo tega ya nglubangin body juga boleh.. πŸ˜€ Terserah masing2.. πŸ˜‰ Platnya dilubangin sesuai ukuran sakelar sama baut yg mau buat dudukan
Kalo saya ya pake plat, penampakannya gini

Trus saya pasang numpang di baut pengikat batang setang sebelah kanan, posisi dibawah segitiga atas.

*posisi sakelarnya keliatan kan?

Nah, udah selesai deh.. πŸ˜‰
FU AHO akhirnya bisa merem… πŸ˜€ πŸ˜›
Gampang kan? πŸ˜‰
Modalnya juga sedikit, paling banyak 15 ribu. :mrgreen:

Habis itu, tinggal masang2in semuanya aja kebalikan dari nyopotnya.. πŸ˜‰
Maaf nggak ada foto, soalnya Si Belang sampe sekarang masih dalam kondisi pritilan. Operasinya belum selesai total.. :mrgreen:

Iseng2, kata para motor AHO ke pabrikan seandainya mereka bisa ngomong,Β “kembalikan sakelar lampu kami!” :mrgreen: *ngawur

Yah, saya rasa cukup sekian aja..

Mohon komentarnya.. πŸ˜‰

Salam jempol digoyang.. πŸ˜€
Cinta Putih itikiwir uyee… :mrgreen:

 
80 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 20, 2012 in DIY, Pengalaman, Satria F-150

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

80 responses to “GDW/KSS: Akhirnya Si Belang Bisa Merem Juga

  1. kharis27

    Juli 20, 2012 at 9:34 pm

    untung vixion ane ga AHO ,.hehe

     
    • axo92

      Juli 20, 2012 at 9:39 pm

      wah, enaknya bro.. 😦

      makasih udah mampiar bro.. πŸ˜€

       
  2. redbike92

    Juli 21, 2012 at 1:33 am

    untung supra saya gak AHO
    btw kalau AHO banyak yang gak seneng
    kenapa mesti diperhatanin

     
    • axo92

      Juli 21, 2012 at 10:47 am

      hehe.. πŸ˜†
      lha itu dia bro, orang Indonesia kan pada suka latah. *IMHO
      liat di luar negeri ada sesuatu yg aneh/baru trus ditiru, tapi nggak liat 2 dulu kondisi diri sendiri udah perlu belum nerapin sesuatu itu.. πŸ‘Ώ
      *IMHO+CMIIW

      Makasih bro udah mampir.. πŸ˜€

       
  3. Mr. Andry

    Juli 21, 2012 at 5:01 am

    wew jadi makin keren donk satrianya..anak purworejo ya..??

    salam kenal dari blogger gagal

     
    • axo92

      Juli 21, 2012 at 10:49 am

      tambah keren sih nggak bro, cuma memperbaiki produk yg cacat produksi aja.. :mrgreen:
      iya bro.. πŸ™‚ purworejo juga ya? purworejonya mana?

      salam kenal juga bro.. πŸ™‚
      makasih udah mampir… πŸ˜€

       
  4. kenthoet

    Juli 21, 2012 at 3:21 pm

    sip jos gandos mas bro πŸ˜€

     
    • axo92

      Juli 21, 2012 at 3:24 pm

      hehe..
      ngirit2. πŸ˜€

      makasih udah mampir masbro… πŸ˜€

       
  5. shogun110tromol

    Juli 23, 2012 at 6:07 pm

    hihihi, AHO sebenernya nggak salah sih, cuma emang tetep perlu saklar buat matiin motor dalam kondisi tertentu. Misal pas masuk gang, manasin mesin.

     
    • axo92

      Juli 23, 2012 at 6:29 pm

      bener bro, yg AHO sebenernya cukup peraturannya aja, pabrikan nggak usah latah. πŸ‘Ώ
      iya bro, pernah saya dipelototin waktu lewat gang. 😦
      trus juga khasiatnya setelah pasang sakelar tu bisa lebih cepet stasioner rpm mesinnya. πŸ™‚

      makasih bro udah mampir.. πŸ˜€

       
      • shogun110tromol

        Juli 23, 2012 at 6:32 pm

        kalo saya sih lebih pilih AHO karena jarang masuk gang, takut nyasar xixixixi

        tapi kalo manasin mesin dan nggak ada saklarnya, baru namanya pemborosan :mrgreen:

         
      • axo92

        Juli 23, 2012 at 6:36 pm

        :mrgreen:
        iya bro..klo nggak pernah lewat gang sih aman bro.
        klo pas manasin tu yg bikin jengkel karena agak susah idup mesinnya, trus pas udah idup nggak bisa langsung stasioner, ngosngosan dulu gtu.

         
      • shogun110tromol

        Juli 23, 2012 at 6:42 pm

        nah itu yang jadi masalah, puteran mesin kan terbeban sama lampu. Apa nggak kepikiran ya sama insinyur?

        emang motornya masih baru sih, tapi tetep aja lebih susah idup daripada kalo lampunya bisa mati

         
      • axo92

        Juli 23, 2012 at 6:46 pm

        iya bro, nggak tau tu bro.. demo yukk… :mrgreen:
        kalo perlakuan selama ini, slah/engkol 7x tanpa tarik cuk, trus engkol 3x tarik cuk, pas belum tambah saklar, begitu pake elektrik starter belum tau sekali pencet idup. begitu tambah sakelar, sekali pencet greng, dengan perlakuan yg sama.

         
      • shogun110tromol

        Juli 23, 2012 at 6:55 pm

        huah, sampe segitunya ya :mrgreen:

        Shogun saya waktu abis setrum aki, sekali starter elektrik tanpa diselah dan dicuk, langsung nyala. Cuma emang mesti digas sedikit kalo lagi dingin. Kalo lampunya gak bisa mati sih ngga kebayang :mrgreen:

         
      • axo92

        Juli 23, 2012 at 6:59 pm

        biar olinya muter dulu bro, soalnya konon fu sirkulasi olinya agak lambat..
        tapi yg saya rasa sih iya, soalnya kalo cuma selah 3 kali suaranya agak tajem di telinga. tapi klo smpe 10x, begitu diidupin alus bro..

        wah, klo shogun sih jos bro.. suara mesinnya tu ngangenin.

         
      • shogun110tromol

        Juli 23, 2012 at 7:09 pm

        itu tindakan yang bener :mrgreen: saya juga biasanya sih gitu….selah buat naikin oli mesin, abis itu starter elektrik aja. FU lambat karena mesinnya tegak juga sih bro.

        Shogun jos? suara mesinnya kenapa bro? btw temen saya sempet kaget Shogun 110 saya masih jalan elektrik starternya πŸ˜†

         
      • axo92

        Juli 23, 2012 at 7:13 pm

        hehe
        konon sih katanya jalurnya kecil gitu, tapi nggak tau juga.. :mrgreen:

        iyalah bro, kenceng, bandel juga mesinnya..
        duh gimana ya jelasinnya?? πŸ™„
        ada kaya suara nguingnya gitu lho.. ngangenin bgt.
        tergantung perawatan sama pemakaian juga sih bro..

         
  6. shogun110tromol

    Juli 23, 2012 at 7:16 pm

    hmm..saya malah baru tau

    ahaha, kalo kenceng sih sebenernya standar, standar bebek 125 πŸ˜†
    ohh….iya bener kalo suara itu sih……

    hehehe, udah 10 taon dan starter masih nyala normal. Puji Tuhan aja deh kalo gitu :mrgreen:

     
    • axo92

      Juli 23, 2012 at 7:24 pm

      trus juga katanya pelumasan ke noken sama keteng kurang, makanya rata2 fu alay yg tukang geber2 udah kasar. πŸ˜†

      eh, nggak lho bro.. waktu itu pas saya ngreyen supra 125 kaget banget malah.. kapasitas mesin lebih besar tapi mesin lebih enak shogun.
      rasanya tu karakter tenaga shogun tu lebih merata.

      iya bro.. mantap. πŸ™‚
      kalo pengamatan saya tu rata2 karena mesin udah idup, tapi tombolnya masih dipencet trus. jadinya motor/dinamo starter sama bendiknya cepet kalah.
      *CMIIW

       
      • shogun110tromol

        Juli 23, 2012 at 7:36 pm

        hahaha, mesinnya mesti dialus2in berarti ya

        memang sih, tenaga maks Shogun 110 lebih gede dari Supra 125, tapi Shogun 110 kerasa tenaganya di putaran atas. Putaran bawah nggak terlalu istimewa

        bisa jadi juga sih, ngga ngerti pake barang kalo gitu mah ya

         
      • axo92

        Juli 23, 2012 at 7:41 pm

        πŸ˜€

        lebih nyaman shogun, nggak ada fitur vibratornya bro.. :mrgreen:

         
      • shogun110tromol

        Juli 23, 2012 at 7:42 pm

        ahahaha :mrgreen:

         
      • axo92

        Juli 23, 2012 at 7:45 pm

        haha..

        begadang bro?

         
      • shogun110tromol

        Juli 24, 2012 at 5:19 am

        kemaren sih iya :ngakak

         
      • axo92

        Juli 24, 2012 at 5:21 am

        :mrgreen:

        ada jemuran tu bro.. πŸ˜€

         
      • shogun110tromol

        Juli 24, 2012 at 5:22 am

        jemuran? mana :mrgreen:

         
      • axo92

        Juli 24, 2012 at 5:24 am

        itu tu di atas.. πŸ™„ :mrgreen:

         
      • shogun110tromol

        Juli 24, 2012 at 5:27 am

        xixixixi :mrgreen:

         
  7. azizyhoree

    Juli 23, 2012 at 8:22 pm

    wahhh gara gara galau khawatir reflector mlonyohh yo mas? :mrgreen:

     
    • axo92

      Juli 23, 2012 at 8:24 pm

      hehe..
      iya mas, selain itu juga ben ngidupkene lebih gampang..
      AHO bikin berat mesin..

      makasih mas udah mampir.. :mrgreen:

       
  8. galah pengering

    Juli 24, 2012 at 6:07 am

    masih ada MOS aneh aneh ? Basi, sttnas sudah dihapus sejak tahun 90an

     
    • axo92

      Juli 24, 2012 at 6:09 am

      ndak tau tu mas..
      mosok ada aqua 110 ml, trus telur asin cap 3 jari. πŸ™„
      makane dia sampe takut bgt..

       
  9. galah pengering

    Juli 24, 2012 at 6:13 am

    kabar akliriknya gimana nih, mau ikutan kalo bagus

     
    • axo92

      Juli 24, 2012 at 6:15 am

      belum mas, motonge susah. 😦
      kayane ketebelen beline.

       
  10. bimo96

    Juli 24, 2012 at 3:01 pm

    bladeku masih aho 😦

     
    • axo92

      Juli 24, 2012 at 3:37 pm

      sini bim ke rumahku, itung2 turing.
      nanti tak pasangke saklar.. πŸ™‚

       
  11. fresh and fresh

    September 4, 2012 at 1:36 pm

    Beuuh ratcun meureum,.. oya pernah praktekin buat NEw CBR pekgo gk mass,.. ??.. ehhee

     
    • axo92

      September 4, 2012 at 1:43 pm

      :mrgreen:

      waduh, cibie ya? πŸ™„
      belum pernah mas, nggak ada yg buat praktek. 😦
      tapi intinya sama aja mas.. πŸ˜‰
      coba2 sendiri aja kok… πŸ™‚

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  12. kurai

    Oktober 22, 2012 at 5:39 pm

    Purworejone sebelah endi pakde?? Punyaku melotot niihhh

     
    • axo92

      Oktober 23, 2012 at 11:06 pm

      kutoarjo masbro.. πŸ˜€
      purworejone mana? bisa tak bantu ngerjake kapan2..

       
  13. Eko RIzki Suseno

    Januari 2, 2013 at 8:37 pm

    gan itu nama saklarnya apa?? klo ane beli di bengkel ngomongnya apa gan? thankk’s. . . .

     
    • axo92

      Januari 2, 2013 at 8:44 pm

      kalo ini sih cuma saklar model tarik tekan bro.. kalo posisi nonjol/keluar itu posisi on, kalo posisi masuk itu off/mati.
      ini sih saya beli di toko aksesoris mobil bro, aslinya buat lampu sorot/foglamp mobil. cari yg kuat buat Watt gede. πŸ™‚
      kalo mau gampang beli aja di toko elektronik bro, bilang sama penjaga tokonya saklar yg kuat buat Watt gede. pasti penjualnya tau kok… πŸ™‚

      makasih udah mampir bro.. πŸ™‚

       
      • Eko Rizky Suseno

        Januari 6, 2013 at 9:55 pm

        okeh bro sama-sama si bejo saja sampe sekarang masih blm bisa melek gann.. 😦 weleh weleh . . . ada saran ga gann?? oia yg keluaran th 2012 sama kan gan kabel warnanya?? bsk rencanya ane mau pretelin si bejo. . .

         
      • axo92

        Januari 7, 2013 at 2:39 pm

        waduh.. 😯
        sama kok bro buat yg taun 2012, kan juga sama2 AHO.
        bisa contek yg di artikel.. πŸ™‚
        sip2.. semangat…. :mrgreen:
        kalo mau tnya2 yg lebih enak bisa lewat fb mabro.. πŸ˜€

         
  14. tjanverdy

    Januari 20, 2013 at 1:53 pm

    akhirnya si loreng bisa MEREM,wkwkwkwkwk
    baru slse d kerjain jg ini

     
    • tjanverdy

      Januari 20, 2013 at 1:58 pm

      salam I T I K I W I R

       
      • axo92

        Januari 21, 2013 at 12:48 pm

        :mrgreen:

         
    • axo92

      Januari 21, 2013 at 12:47 pm

      mana? 😳

       
  15. Kurai (@blackquipment)

    Januari 20, 2013 at 11:34 pm

    wah nggone mas tjanverdy podo mbek nggonku,wkkwkw

     
    • axo92

      Januari 22, 2013 at 10:33 pm

      wih mantep..

       
  16. tjanverdy

    Januari 22, 2013 at 10:23 pm

    ini mau tak upload d blog q,
    caranya upload gimana?

     
  17. fans berat inul

    Maret 10, 2013 at 1:44 pm

    lampu belakange pripun mas? Klo mau di non AHO kan pye?

     
    • axo92

      Maret 11, 2013 at 9:40 pm

      ikut mati juga masbro.. 😎

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  18. hady

    Maret 13, 2013 at 5:04 am

    untung vespa aku ngga AHO

     
    • axo92

      Maret 19, 2013 at 10:52 am

      :mrgreen:

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  19. Faisal

    Maret 15, 2013 at 2:39 am

    Mas bro mw tnya ne ….
    Harga satria Fu daerah medan brapa ya ….
    alnya gua mw bli ne …..

     
    • axo92

      Maret 19, 2013 at 10:51 am

      waduh, kurang tau bro.. πŸ™„
      kalo soal harga bisa silakan kunjungi dealer terdekat aja, biar lebih jelas.. πŸ™‚

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  20. Anif

    April 12, 2013 at 12:08 pm

    Lmpu blkg nya te2p idup ya bro ??

     
    • axo92

      April 13, 2013 at 1:20 am

      mati semua bro.. πŸ™‚

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  21. 1Noel

    April 13, 2013 at 6:28 pm

    mantaf gan πŸ˜€
    akhirnya fu ane bisa merem juga πŸ˜€
    trims tutornya ya πŸ˜‰

     
    • 1Noel

      April 13, 2013 at 6:31 pm

      oya ampir lupa
      salam kenal ya bro :shakehand2

       
      • axo92

        April 16, 2013 at 12:19 pm

        salam kenal bro.. πŸ˜€

         
    • axo92

      April 16, 2013 at 12:20 pm

      wih..
      ya syukur kalo keisengan saya bisa bermanfaat.. :mrgreen: 😎

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  22. Eka Cindar

    April 25, 2013 at 3:21 pm

    bermanfaat banget mas. bisa jadi kreatif,

     
    • axo92

      April 30, 2013 at 10:51 am

      wah, seneng bgt kalo ternyata bisa bermanfaat.. πŸ™‚

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  23. kodox bracun

    Mei 24, 2013 at 3:24 am

    serba selang air ya brow…..

    ning yo ngirit tp efek jangka panjang joss
    πŸ˜€

    tak kasih 5 jempol sing 1 jilek tonggo πŸ˜›
    makasih buat info sakelar ny mas brow……

    maju terus…..
    kreasi modal ngirit….

     
    • axo92

      Mei 31, 2013 at 3:23 pm

      :mrgreen:
      soalnya yg murah, gampang didapet sama gampang dipasang. πŸ˜†

      siap, seneng bgt kalo bisa bermanfaat.. πŸ™‚

      makasih udah mampir.. πŸ˜€

       
  24. choirul

    September 30, 2014 at 3:51 am

    masak lampu dpan blakang bisa mati mas bro .

     
    • axo92

      Oktober 5, 2014 at 2:26 pm

      bisa kok bro.. πŸ™‚

       
      • choirul

        November 25, 2014 at 12:33 pm

        makasih om . atas bantuanx sangat membantuu . trimm πŸ˜€ πŸ˜‰

         
      • axo92

        November 27, 2014 at 9:06 am

        siap.. mantapp… :mrgreen:

         
    • axo92

      April 30, 2015 at 10:17 am

      bisa bro..

       
  25. Yazid Alif Al-Hadiid

    Agustus 10, 2015 at 3:50 pm

    numpang nanya masbro, kalo lampu kotanya masih nyala ya bro?

     
    • axo92

      Agustus 19, 2015 at 2:30 pm

      enggak nyala masbro, mati semua..

      makasih udah mampir… πŸ˜€

       
  26. Wawan Coken

    September 12, 2015 at 11:21 pm

    tapi kok ane coba cabut seperti yg di atas malah ga nyala semua lampunya
    cuma spidometer aja yg nyala gimana tuh

    ane satria 2015.. apa mmang beda yh??

    mohon pencerahan min?

     
    • axo92

      Oktober 6, 2015 at 4:54 pm

      nggak nyala semua lampunya? ya berarti berhasil bro… πŸ˜€

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: