RSS

GDW/KSS: Ganti Silencer/Muffler Body Si Belang (Satria F-150)

04 Okt

Hai.. Hai.. Hai..

Ketemu lagi ni sama saya.. :mrgreen:

Masih inget artikel tentang racun buat Si Belang yg kemarin? 😉

Nah, ini dia penampakan lengkapnya.. :mrgreen:
➡Yak, silencer Fu lama versi lokal, dengan kode part 1431B25G00N.
Saya beli seharga 230ribu di Suzuki Gejayan.
Kemarin juga ditawarin yg versi Thailand, tapi mahal, harganya 356ribu.
Jadi saya pilih yg versi lokal aja.. 🙂

*kok diganti kenapa? memangnya yg asli rusak? 🙄

Nggak kok, yg asli baik2 aja..
Cuma saya kurang seneng sama suara silencer FU new, cempreng. Menurut saya tajem di telinga.. 🙂
Udah pernah juga saya tulis di sini, yg pas tentang kelebihan dan kekurangan New Satria F-150.

Langsung aja..
Yg perlu disiapkan:
1. Silencer FU lama. 😆
2. kunci ring 10
3. kunci ring 12
4. kunci sok/T 12
5. HP buat poto2.. :mrgreen:
6. niat

E ya, saya ini masangnya tadi sore.. 🙂
Yak, kebetulan tadi sore saya pulang. Dari jogja kira2 jam 4 an, sampe rumah jam setengah 6.
istirahat bentar, terus bongkar. :mrgreen:

Cara bongkarnya:
1. kendorkan 3 baut sambungan silencer pake kunci ring 10.. 😉

2. Kendorkan baut pangkon/ dudukan silencer di footstep belakang kanan pake kunci ring 12 sama kunci sok/ T 12.. Dibuat kontra, kunci ring buat megang mur dari sisi dalem dekat roda, trus kunci sok buat muter baut dari sisi luar. Lebih gampangnya pake kunci ring semua.. 😉Pas udah kendor, trus lepas 3 baut yg udah dijelaskan di no 1..

Buat langkah no 1 sama 2, mending dibantu orang lain. jadi ada yg pegangin knalpotnya, trus yg satu ngelepas mur baut. 😉 *tapi kalo saya sendirian aja, knalpot disangga pake kaki. :mrgreen:

Udah copot, penampakan jadi gini.. ➡ 😉 😯 :mrgreen:
Trus ini perbandingan antara silencer FU lama sama new FUKiri: silencer FU lama, Kanan: silencer new FU
silencer New FU lebih panjang sekitar 1,5 cm, trus juga diameter tabungnya lebih besar dikit..
Itu moncong silencer new Fu sengaja saya lepas, karena saya pengen coba pengaruh nggak sih sama suara. Ternyata ada pengaruhnya, meskipun cuma sediikiiit banget.. Selain itu juga buat mengamankan moncong plastik yg seharga 130 ribu itu.. 😈

3, lepas paking/perpak/gasket sambungan knalpot dari silencer lama dengan cara dicongkel pelan2 pake obeng min (-) kecil..
Penampakan gasketnya.. ➡Buat yg nggak mau repot nyongkel2, silakan beli di bengkel resmi. Harganya sekitar 6000 Rupiah saja,. 😀

4. Pasang gasketnya ke silencer yg baru, pas di lekukan yg ada.. 🙂
Penampakan lekukannya.. ➡

5. Pasang lagi semuanya, caranya kebalikan dari waktu bongkar.. 😉 :mrgreen:

Ini penampakan Si Belang pake silencer FU lama.. ➡Keren yah? :mrgreen:
menurut saya lebih keliatan pas sama desainnya yg ramping.. 😉
Ayo dong pembaca bilang WAOOWWW… 😆 😆 😆

Langsung tes suara.. 😉
Karena kebetulan Si Belang belum dipanasin mesinnya, jadi sekalian aja..
Selah/engkol sebanyak 20x, dengan rincian 17x engkol tanpa tarik cuk/choke, 3x tarik cuk.
“kejeglug ajagelem.. kejegluk ajagelem.. kejeglug ajagelem.. …. 20x” :mrgreen: *pinjem istilah blogger senior. 🙂
Tujuan ngengkol ini biar oli muter dulu, trus juga mesin gampang idup.
Langsung deh, puter kontak, tarik kopling, pencet elektrik starter.
ckk greenngg….. demdemdemdemdem… mesin idup stasioner alus, suara knalpotnya?
waow ngebass, mantap.. :mrgreen:
Setelah kira2 3 menit, saya coba tarik gas sedikit..
greenngg.. mantap suaranya.. 🙂

Yak, saya rasa cukup sekian aja untuk kali ini.. 😉

Semoga bisa membantu buat yg mau ganti silencer juga.. 😀
Kalo nggak mau repot, tinggal pasrahin ke bengkel.. 😈

kasih bonus nggak ya? 🙄
ini deh bonusnya, tapi kali ini beda dari biasanya.. :mrgreen:

Ghaida JKT48
:mrgreen:

Cinta Putih itikiwir uyee.. :mrgreen:

Iklan
 
49 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 4, 2012 in DIY, Pengalaman, Satria F-150

 

Tag: , , , , , ,

49 responses to “GDW/KSS: Ganti Silencer/Muffler Body Si Belang (Satria F-150)

  1. the honjo

    Oktober 5, 2012 at 3:54 am

    mancal stater 20x ? njarem
    karo knalpot madein ngampilan mantep endi yo ?

     
    • axo92

      Oktober 5, 2012 at 4:49 am

      njarem? 🙄
      kan biar olinya muter dulu masbro.. 🙂

      ngampilan mana masbro? 🙄
      saya kurang tau. 😳

       
  2. ax125

    Oktober 5, 2012 at 6:26 am

    Mending R9
    Sekalian ban sepeda 😈 :mrgreen:

     
    • axo92

      Oktober 5, 2012 at 10:33 am

      kalo knalpot yg diatas 1jt mending sekalian DAYTONA klo nggak DBS. 🙄
      tapi juga harus siap2 kantong tebel. 😈
      mending ini aja, lebih murah, suara mantep masbro.. 😉
      ban sepeda? 🙄 buat apaan?? :mrgreen:

      makasih udah mampir.. 😀

       
      • ax125

        Oktober 5, 2012 at 1:11 pm

        Manut dahh …. 😀

         
      • axo92

        Oktober 6, 2012 at 4:52 am

        😆

         
  3. Blog TSYT

    Oktober 5, 2012 at 8:41 am

    perlu di cobain tuh..
    itu bonusnya oke juga hehehee…

    Penghemat BBM dan Perawatan jangka panjang
    http://www.t-syst.com

     
    • axo92

      Oktober 5, 2012 at 11:10 am

      sip masbro.. :mrgreen:

      makasih udah mampir.. 😀

       
  4. kenthoet

    Oktober 5, 2012 at 11:14 am

    kutip “Yak, silencer Fu lama versi lokal, dengan kode part 1431B25G00N.”
    Yess.. berarti tebakanku kemarin bener 😀 asiikk..asik. dapet Veranda cesss 😳 :mrgreen:

     
    • axo92

      Oktober 5, 2012 at 12:59 pm

      Veranda sapa yak? yg mana? 🙄
      yg tetangga sebelah yah?.. 😛 😆

       
  5. Gunk Arethis Tira

    Oktober 21, 2012 at 12:29 pm

    bro, ga ente coba ngidupin pas ga dipasangin silincer?? aku pengen tau suaranya… 😀

     
    • axo92

      Oktober 23, 2012 at 11:07 pm

      wah, nggak berani ngidupin bro..
      waktu itu masangya di kamar soalnya..

      wah, makasih banget bro udah mampir.. 😀

       
  6. apuseri

    November 21, 2012 at 7:42 am

    nyari sing 2nd thai susah bgt klo ada pasti kalah cepet

     
    • axo92

      November 21, 2012 at 7:43 am

      waduh.. 😳
      lokasi di mana bro? siapa tau bisa bantu.. 😎

      makasih udah mampir.. 😀

       
  7. ivan vs

    April 1, 2013 at 3:37 pm

    silencer fu lama buat honda sonic/cs1 bsa gk? PnP kah?
    Thx b4

     
    • axo92

      April 8, 2013 at 1:23 pm

      kalo setau saya sih cocok masbro, paling ubah dudukan yg ke footstep belakang aja.. 🙂

      makasih udah mampir.. 😀

       
  8. plur

    Juni 12, 2013 at 1:08 am

    piye masbrow,,
    kmarin beli silincer fu
    hrga 290rb

     
  9. AGung Ary

    Juli 25, 2013 at 11:27 am

    ada gak efek samping negatif kalau dirubah make knalpot versi lama gan? Ane juga mau ganti cuma masih belum tau apa efeknya dan bila perlu harus setting2 apa lagi agar performa tetap stabil sprti knalpot aslinya 🙂

     
    • axo92

      September 3, 2013 at 9:54 am

      nggak ada bro.. aman2 aja.
      paling jadi lebih cepet oper gigi aja.. :mrgreen:
      nggak perlu seting2 segala kok.. 🙂

       
  10. boris

    September 17, 2013 at 9:18 pm

    mas bro,, kalo yang thailand di gejayan juga ade?
    kira2 suaranya keras banget gak ya??

     
    • axo92

      September 18, 2013 at 10:25 am

      ada masbro.. 🙂
      keras sih nggak, cuma lebih ngebas… 🙂

      makasih udah mampir.. 😀

       
  11. boris

    September 18, 2013 at 4:05 pm

    ajib deh gan :3
    thanks 😀

     
  12. boris

    November 5, 2013 at 8:29 pm

    ane cari dari Suzuki gejayan, Suzuki deket jogtron, sampek Suzuki magelang,,,,
    jawaban sama,, yang thailand uda ga keluar mas 😦
    alhasil jadi beli yang biasa dehh,,, auhuahua

     
    • axo92

      November 6, 2013 at 1:08 pm

      lho?? 😯
      masih bro sebenernya… mungkin front desk personnya aja yg nggak ngeh. 🙄
      tapi yg biasa juga mantep kok.. :mrgreen:
      e ya, udah coba ke suzuki jalan mataram belum?

       
  13. boris

    November 12, 2013 at 4:09 pm

    ane ke Suzuki deket jog tron,, sama Gejayan,, trus Suzuki magelang yang deket artos,, trus suzuki magelang pusat , jawabanya sama semua >.<
    ane pengen pasang di MX si sebenernyee,,, tapi di satria ane coba asik juga suaranya :3

     
  14. khatami

    Februari 10, 2014 at 10:07 pm

    harga knalpotnya brp tuh ???

     
    • axo92

      Maret 7, 2014 at 9:47 am

      230ribu bro waktu itu, tapi sekarang udah naik.. 🙂

      makasih udah mampir.. 😀

       
  15. machalesana

    Maret 16, 2014 at 1:55 am

    suaranya beneran beda banget kah dibanding yang moncong?

     
    • axo92

      Maret 20, 2014 at 4:00 pm

      beda bro, yg moncong lebih cempreng.. 😆

      makasih udah mampir.. 😀

       
  16. wildan

    April 4, 2014 at 4:32 am

    gan,,itu moncong plastik ny masuk g y k knlpot sura x 125?

     
    • axo92

      April 10, 2014 at 11:14 am

      nggak bisa bro.. beda.

      makasih udah mampir.. 😀

       
  17. aurora

    Juni 17, 2014 at 10:01 am

    si tomboy ghaida manis juga foto jadulnya

     
    • axo92

      Juni 17, 2014 at 4:13 pm

      🙄

      makasih udah mampir.. 😀

       
  18. soul

    September 19, 2014 at 7:47 pm

    Itu diameter sambungane antara silencer sama lehere berapa Ɣā bro?

     
    • axo92

      Maret 10, 2015 at 5:40 pm

      waduh, bingung ngukurnya.. 🙄

       
  19. fery

    Januari 21, 2015 at 10:07 am

    mantap vrooh…w udah ada karatan pengen ganti jg..tp nyari susah…salam sisuzi aja…B-)

     
    • axo92

      Maret 10, 2015 at 5:38 pm

      lokasi di mana bro? mungkin bisa saya bantu…

       
  20. dewantoro

    April 11, 2016 at 6:43 am

    mas maaf mau tanya klu slincer satria fu nya klu di pasang ke mio
    ada efeknya ndak ya,,,,

     
    • axo92

      Juni 29, 2017 at 6:45 pm

      efeknya? adaa…. jadi tambah keren + tarikan nambah enteng dikit.. :mrgreen

       
  21. dewantoro

    April 11, 2016 at 7:03 am

    maaf mas mau tanya kira2, klu slincer satria fu di pakek ke keluarga motor matic
    ada efeknya ndak ya….
    mohon pencerahannya
    trmakash

     
    • axo92

      April 25, 2017 at 12:47 am

      efeknya ndak ada masbro.. 🙂

       
  22. muhammadariefpramudity0106

    Januari 25, 2017 at 11:50 am

    Mas bro, waktu pasang gasket lagi, apakah di lem pakai lem sealer?

     
    • axo92

      Juni 29, 2017 at 6:44 pm

      enggak usah bro kalo kondisinya masih bagus, udah secara otomatis menyekat.. 🙂
      tapi kalo udah agak tipis ya boleh lah dikasih lem tipis. kalo mau ganti lebih bagus lagi, harganya murah kok…
      maaf baru balas, makasih udah mampir… 😀

       
  23. Arief

    Januari 25, 2017 at 7:21 pm

    Mas bro, itu waktu pasang gasket ke silencer yg baru apa di lem pakai sealer?

     
    • axo92

      April 25, 2017 at 12:38 am

      nggak dilem masbro, cuma dipasang langsung aja… 🙂

      makasih udah mampir… :mrgreen:

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: