RSS

GDW/KSS: Tutup Oli Variasi Satria F-150 + Cerita Perjuangan Waktu Beli

06 Jan

Hai.. Hai.. Hai..

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya cari sama pasang tutup oli variasi buat Si Belang… 😎

Yak, hal ini saya lakukan sekitar sebulan yg lalu. Berawal dari kegalauan *halah* saya karena tutup oli Si Belang itu kayaknya gampang bgt dibuka pake tangan jadi kuatir seandainya ada yg iseng masukin sesuatu lewat lubang oli.
Akhirnya saya pun cari di Jogja, muter2 daerah yg masih deket2 sekitar kos-kosan saya. Saya kemarin coba nyari ke Gejayan sama sepanjang jalan Adi Sutjipto.

Pertama saya coba nyari ke Gejayan, karena setau saya cuma ada 1 bengkel+toko variasi yg menurut saya lumayan lengkap, jadi saya langsung ke situ. Ngantri, nunggu giliran tanya sama mas-masnya. Saya tanya, “mas, tutup oli variasi buat FU ada nggak?”. Kata masnya, “ada”. Trus saya liat, modelnya yg ada lubangnya buat dipasangin selang. Jadi tu tutup olinya kayak yg biasa buat motor balap yg buat dikasih selang pernafasan oli mesin, biar suhu sama tekanan oli nggak terlalu tinggi.
Saya pun bimbang, terus saya bilang ke masnya besok lagi aja. Mau coba cari ke toko lain dulu..
Nah, karena waktu itu udah sore saya langsung pulang.

Terus besok siangnya saya coba cari ke sepanjang jalan Adi Sutjipto. Total saya tanya ke sekitar 10 toko variasi, dan hasilnya NIHIL sodara2. 😦 Nggak ada yg punya stok tutup oli variasi buat motor Suzuki, adanya buat Honda sama Yamaha tok. 😦
FYI, model drat/ulir tutup oli motor Suzuki itu model drat halus/jarak antar ulir rapat terus juga lebih kecil2 gitu ukuran ulirnya. Sedangkan Honda&Yamaha model ulirnya sama, drat/ulir kasar. Nasib punya motor Suzuki, cari aksesoris susah.. 🙄 😦

lah, kenapa nggak coba ke daerah lain??

Saya nggak tau jalan di Jogja sama yg toko2 variasi gitu,, Jadi saya cari yg udah biasa lewat aja.

Nah, akhirnya saya pun mencoba cari ke daerah Seturan, ke tempat toko variasi yg saya biasa ke sana. Dan ternyata hasilnya juga sama.. 😦 Rasanya waktu itu lemes sama pengen nangis. Susah bgt cari variasinya.. 😦

Akhirnya saya memutuskan buat beli aja di toko yg ada di Gejayan. Pas dateng, sambil senyum2 ke masnya bilang, “mas, jadi tutup olinya yg kemarin. aku tadi udah nyari ke 10 toko nggak ada yg jual sama sekali”. Masnya pun langsung ngambil, ternyata udah disiapin sodara2. :mrgreen:
Saya tanya, “berapaan mas?”. kata masnya, “15 ribu aja”. Saya tanya, “bisa kurang nggak mas?” *sambil cengar-cengir. 😆 kata masnya, ” udah pas mas..”
Ya udah, akhirnya tutup oli pun sudah saya tebus, mereknya WRD.

Penampakannya.. 😎
Photo0718
*dusnya udah kebuang.. 😦

Nah, itu kan tutup olinya model lubang tu, model yg dipasangin selang. Sedangkan saya nggak mau pake selang-selangan, repot sama kurang rapi kesannya. 🙄
Akhirnya, saya pun mikir.. Gimana ya caranya buat mampetin/nutup lubangnya? 🙄
💡 Saya tau, disumpel aja pake baut.. :mrgreen:

Besoknya, sebelum mudik, saya ke toko yg tempat saya biasa beli baut di jalan Adi Sutjipto.
Beli baut L, ukuran 10, warna krom, cukup 500 aja. :mrgreen:
Buat nyumpel aja kok.. 😎
Terus saya juga beli O-Ring buat di tutup olinya, biar olinya nggak rembes. Belinya jauh, ke jalan Magelang. 👿 Cuma seribu Rupiah saja.. :mrgreen: SGP lho… 😎

Nah, dari tadi kan udah cerita waktu mau beli, sekarang ke prosesnya.. 😎
Pertama nutup/nyumpel lubangnya dulu..

Ambil baut L nya..
(ilustrasi..)
baut L
:mrgreen:

Lubang di tutup olinya tu diameter 7 mm (baut ukuran 11), sedangkan di toko nggak ada. 😦
Jadinya saya beli yg diameter ulir 6mm (baut ukuran 10), terus saya kasih lem bagian ulir sama deket kepalanya.. 😎 💡

lem apa??

Ini lho.. 😎
Photo0835
Nyampur dulu, antara resin sama hardenernya, rasionya 1:1.

Nah, terus lemnya diolesin ke bagian ulir baut sama deket kepala bautnya..
Kayak gini ilustrasinya..
baut L + lem
yg titik-titik warna kuning itu lemnya..
*maap bagian proses ngelem cuma pake ilustrasi soalnya kemarin repot mau foto. tangan belepotan lem, terus juga takut kalo lemnya netes ke mana-mana..

Yak, langsung aja di tancepin ke lubang di tutup oli..
Pas awal2 biar cepet nempel bisa ditiup2 beberapa kali.
Terus biar kering total, bisa didiemin semalem. Kalo saya kemarin dikeringin pake hairdryer selama sekitar 30 menit.. :mrgreen:

Nih, jadinya kayak gini..
Photo0726

Nah, terus O-Ringnya dipasang juga..
Photo0725

Yak, ayo dipasang… 😉

Pertama lepas dulu tutup oli aslinya. Diputer pake tangan aja, kalo susah bisa diputer pake tang tapi dilapisin pake kain biar nggak lecet.
Nih, tutup oli aslinya..
Photo0743

Sekarang pasang tutup oli variasinya pake kunci pas ukuran 17..
Photo0733

Ini penampakan setelah kepasang.. 😎
Photo0734 Photo0736
Gimana? 😉 😎

Semoga bermanfaat.. 🙂

Silakan dikomentari.. 😀

Cinta Putih itikiwir uyee.. :mrgreen:

Iklan
 
29 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 6, 2013 in DIY, Pengalaman, Satria F-150

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

29 responses to “GDW/KSS: Tutup Oli Variasi Satria F-150 + Cerita Perjuangan Waktu Beli

  1. kenthoet

    Januari 6, 2013 at 9:07 pm

    Maknyuusss 😀 bin mantap 😀
    perjuangan yang gak sia2 😀

     
    • axo92

      Januari 6, 2013 at 9:27 pm

      hehe.. :mrgreen:

      makasih udah mampir masbro.. 😀

       
  2. vixieg4744hk

    Januari 6, 2013 at 9:48 pm

    waow… tampil beda… 😀

     
    • axo92

      Januari 7, 2013 at 2:37 pm

      :mrgreen:
      iya bro..

      makasih udah mampir masbro.. 😀

       
  3. vicman80

    Januari 7, 2013 at 3:32 am

    T.O.P………………….B.G.T…..!!!

    tapi…kalo besok lepas lem’nya…
    beli aja baut stainless boss… yg M8…(kalo ga salah pake kunci L6 )
    trus, tutup olie’nya di tap M8 juga…(kan udah masuk tuh diameter minor ulirnya-jadi ga susah lagi nge’tap M8’nya )
    kalo udah selesai di “tap M8″…
    tinggal pasang baut penutup’nya…
    kalo mau kuat n permanent..pakai aja thread locker… (merk “loctite” yg banyak beredar )
    pasti kuat dah…n ga bakal lepas, walopun kena uap olie..

    #moga bermanfaat.. 🙂

     
    • axo92

      Januari 7, 2013 at 2:42 pm

      wih.. 😯
      mantap tipsnya masbro.. makasih…. 🙂
      M8 berarti sama aja baut ukuran 12 kan ya? 🙄
      nggak masuk masbro kalo itu.. 😦 harus dibesarin lagi dikit, sedangkan daging logamnya tipis. takut kalo retak.. 🙄
      tapi mantap bgt masbro ilmunya.. 🙂
      bisa kapan2 dicoba juga.. 🙂

      makasih udah mampir masbro.. 😀

       
      • vicman80

        Januari 14, 2013 at 1:09 am

        bukan di perbesar dgn bor lg bro Andre…
        Tapi di buat ulir M8 dengan tap…
        (pastikan jg pitch/”puncak ulir” tap sama dengan baut yg akan di pakai… Jgn sampai baut’nya M8 x 1,25 Di tap dgn M8 x 1.5..ga masuk ntar baut’nya.. :3 )

        kalo mau gmpg…minta tlg aja ke tkg bubut…
        Bawa baut’nya..sama tutup olie’nya..

        #Bengkel bubut biasanya punya pitch gauge utk ukur pitch ulir baut’nya..
        Nah, bengkel pasti nanti sesuaikan dgn “tap” yg akan dipakai..

        Kalau baut (kepala) hexagon yg dipakai, betul M8 itu pakai kunci 12..
        Nah kalau Baut kepala L..yg dipakai knci L6..

        Moga2 ga bingung ya bro… 🙂

         
      • axo92

        Januari 14, 2013 at 1:25 am

        bingung dikit bro, tapi ada gambaran… 😳 🙄
        maklum nggak ada basic pendidikan teknik, cuma seneng utak-atik.. 😳

         
      • vicman80

        Januari 14, 2013 at 1:42 am

        Duhh…sory bikin rada bingung ya… :/

        gini aja…kalau ntar baut’nya yg ditutup olie lepas krn panas..
        Bawa aja ke tkg bubut..minta tlg dibuatkan ulir M8 dilubang’nya..
        Trus tinggal bro Andre beli baut stainless M8 (Bisa baut L, bisa juga Baut Hexagon )
        minta tetesin loctite di baut’nya….
        Pasang deh…selesai..

        Proses tapping (pembuatan ulir)nya ga lama koq bro…maks 30menit dah jadi tuh pasti..

        🙂

         
  4. Aa Ikhwan

    Januari 7, 2013 at 10:28 am

    perjuangan ajib,..lanjutkan 😀

     
    • axo92

      Januari 7, 2013 at 2:26 pm

      :mrgreen:
      iya a… 🙂

      makasih udah mampir… 😀

       
  5. redbike92

    Januari 7, 2013 at 12:07 pm

    walah jadi keren 😀
    unik gitu 😀

     
    • axo92

      Januari 7, 2013 at 2:29 pm

      :mrgreen:

      makasih bro udah mampir.. 😀

       
  6. ax125

    Januari 7, 2013 at 3:16 pm

    wah bahaya juga ya tutup yg asli, gampang dibuka 🙄
    bayangin aja klo ada orang iseng masukin ikan lele sepasang bisa bertelur dan beranak didalem lubang oli tuhh 😆 :mrgreen:

     
    • axo92

      Januari 7, 2013 at 6:47 pm

      semua motor kan sama aja masbro.. 🙄
      gampang dibuka.
      ikannya mati duluan.. 👿

       
      • ax125

        Januari 7, 2013 at 7:22 pm

        Belum tentu
        Kan ikan lele masbro, mudah beradaptasi 😉

        #ngarang :mrgreen:

         
      • axo92

        Januari 7, 2013 at 9:01 pm

        😯 🙄

         
  7. vixy182

    Januari 8, 2013 at 5:38 pm

    Kreatif…. Tpi apa nggak lepas bro lemx…kan panas tu mesin….

     
    • axo92

      Januari 8, 2013 at 7:23 pm

      :mrgreen:
      selama ini masih aman kok bro.. 🙂
      hehe

      makasih bro udah mampir.. 😀

       
  8. z1rider

    Januari 11, 2013 at 5:35 pm

    Wah, lumayan berat perjuangannya… Salut 😎

     
    • axo92

      Januari 12, 2013 at 3:22 pm

      iya bro.. 🙂

      makasih udah mampir.. 😀

       
    • axo92

      Februari 7, 2013 at 3:33 pm

      😯 😳
      waduh, jadi gimana gitu dicolek.. :mrgreen:

      mantap masbro.. 😀

      bonusnya.. 😳 😳 😳

       
  9. Refasa ahmad

    Maret 11, 2013 at 10:26 pm

    Nah gan kalo ane sama tuh ttp olinya tpi klo gk pke selang bkal ngecroot kluar tuh oli wktu mesin nyala, skarang sya udh beli selangnya tnggal pasang, tapi itu selang harus diarahin (disimpen) kmna ?? Klo kbawah psti nembak lg tuh oli, tpi liat di google itu pada keatas gk tau ke atasnya ke sebelah mna, nnti malah udh d atas malah nembak di dalem tuh oli nantinya kena rangka si mio yg udh ane merahin dan kena mesinnya yg udh ane bore up jga 😀 mhn pencerahannya ya gann ..

     
    • axo92

      Maret 19, 2013 at 11:17 am

      kalo ke atas sih nggak bakal nembak bro.. tenang aja 🙂
      kalo nggak bisa dibeliin klo nggak bikin tabung gitu. coba tanya om Google tentang “Oil Catch Tank” 🙂
      wah, omong2 itu bore up brapa bro? 😯

      makasih udah mampir.. 😀

       
  10. Ugi

    Juni 14, 2015 at 3:58 pm

    Wah susah bngt gan nyari tutup oli kaya gitu didepok.bisi kirim” ga gan

     
    • axo92

      Juni 29, 2017 at 6:45 pm

      waduh.. 😦
      masa gak ada bro?
      saya gak jualan.. duh maaf… 😦

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: