RSS

Arsip Tag: mesin

1 Tahun bersama Si Belang.. :)

Hai.. Hai.. Hai..

Si Belang sudah 1 taun bersama saya tanggal 13 kemarin.. πŸ™‚
Photo0911

Sudah banyak hal saya alami bersama Si Belang selama setaun ini..
Beberapa liter Premium ( 😳 ) sudah dibakar untuk menempuh ratusan kilometer…. 😎
Photo0921

Si Belang juga sudah rela jadi media ekspresi keisengan saya.. :mrgreen:
Beberapa di antaranya sudah diabadikan diΒ blog ini, dan beberapa ada yg tidak terabadikan karena blog ini belum ada.
Beberapa keisengan saya antara lain.. *nggak urut
1. Pasang karet handel rem+kopling.. :mrgreen:
Photo0915Photo0916

2. Pasang Protector Oil Cooler + Pelindung Kabel Bodi *dari selang air.. :mrgreen:
Photo0918

3. Ganti Spatbor Depan Warna Putih.. :mrgreen:
Photo0917

4. Pelindung Standar Tengah+Samping *dari selang air.. :mrgreen:
Photo0919

5. Karet Engkolan/Selahan *dari selang air.. :mrgreen:
Photo0933

6. Pasang Saklar Lampu.. :mrgreen:
Photo0920

7. Ganti Silencer FU lama.. :mrgreen:
Photo0929

8. Ganti Tutup Oli Variasi.. :mrgreen:
Photo0930

9. Lampu Rem Toyota Yaris Wanna Be.. :mrgreen: 😎 *keisengan yg terbaru, belum ada artikel.
Photo0936

10. Pasang stiker lis pelek sama stiker2 lain.. :mrgreen:
Photo0923Photo0934
Photo0928Photo0924
Photo0932Photo0927
Photo0913Photo0914
Photo0925

Si Belang juga menjadi inspirasi buat beberapa artikel di blog yg pasang surut ini.. πŸ˜†
artikel 1
artikel 2
artikel 3
artikel 4
artikel 5
artikel 6
artikel 7
artikel 8
artikel 9

Perjalanan terjauh saya bersama Si Belang waktu itu ke Jogja buat ngelaju kuliah yg saya pernah ceritakan di sini.. πŸ™‚

Terus juga Si Belang sempet mejeng di beberapa artikel video sama foto.. :mrgreen:
artikel video 1
artikel video 2
artikel foto 1
artikel foto 2

Yah, semoga Si Belang awetΒ dan setia sama saya.. (Λ˜ΚƒΖͺ˘)

Saya rasa cukup sekian cerita saya kali ini… πŸ™‚

Silakan dikomentari.. πŸ˜‰

ve6

Cinta Putih itikiwir uyee… :mrgreen:

Iklan
 
35 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 15, 2013 in Pengalaman, Satria F-150

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

GDW/KSS: Ganti Oli Mesin + Filter Oli Suzuki Satria F-150

Hai.. Hai.. Hai..

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya pas ganti oli sama filter oli Si Belang pas tanggal 29 Desember kemarin.. :mrgreen:
Sebenernya artikel ini udah mau diketik dari kemarin-kemarin, tapi karena artikel yg tentang tutup oli kemarin belum ada, jadi ya baru sekarang. 😳
Terus juga entah kenapa internet tu nggak mau diajak kerja sama.. πŸ™„ 😦

Yak, langsung aja..
Jadi tu kanΒ ceritanyaΒ SiΒ Belang angka di odometernya udah tembusΒ 500 km, yg artinya waktunya ganti oli.
Photo0804
Selain itu juga olinya udah item.. 😳
Photo0803
Jadi ya mending diganti sendiri.. :mrgreen:

lho kok nggak dibawa ke bengkel resmi? sekalian servis gitu

Lha wong Si Belang itu tembus 500 km aja udah hampir 1 taun kok. 😳
Terus juga kalo cuma ganti oli sih bisa dikerjain sendiri, terus juga menurut saya juga masih belum ada keluhan yg nggak beres sama Si Belang.

Lanjut aja.. 😎

Terus kemarin pas kebetulan ayah saya ke Semarang sekalian titip olinya beli di Suzuki Magelang. πŸ™‚
Olinya pake ini ni…Photo0802
Yak, oli yg sama pas ganti oli Si Putih waktu itu, pas Si Item juga.. 😎
SGO 4T, 20W-50, 1100ml(1,1 liter). Harganya kemarin 34 ribu, harga tergantung kota.

lho kok nggak pake oli yg bagus sekalian? Motul misalnya..

Kan di buku panduan pemilik ada anjuran pake oli pabrikan selama masa inreyen.

lho masih reyen?

Iya.. :mrgreen:
Kan ada juga di buku, reyen tahap 1 sampe 500 km, terus tahap 2 sampe 1600 km. 😎
Nah, ini Si Belang mau masuk reyen tahap 2. Sekarang bates rpm udah lebih tinggi, tadinya 4000, sekarang 6000. 😎

O ya, sekalian sama ganti filter oli.. Pake SGP dong tentunya, murah kok cuma 7500 Rupiah.
Penampakan..

Photo0821

Yak, lanjut… :cool

Siapin panci atau apa aja buat nampung oli bekasnya. Kalo saya pake panci yg sama waktu ganti oli si Putih sama si Item…
Buka bautnya pake kunci ring nomer 14
Photo0807Photo0805

Tunggu olinya keluar semua.. Kalo biar lebih mantep, motornya bisa dimiringin juga.. Tunggu sampe udah berhenti netes.
Photo0809 Photo0810 Photo0811
Tuh, olinya item.. 😯 😳

Sementara nunggu, bisa buka lubang pengisian oli mesin di sebelah kanan.
Pake tangan aja, kalo susah bisa pake tang yg dilapisi kain. πŸ˜‰
Tapi karena tutup oli Si Belang udah diganti, saya pake kunci pas.. 😎 :mrgreen:
Photo0812 Photo0813 Photo0814 Photo0815 Photo0816
Pasti pas habis dibuka dari lubang pembuangan netes lagi kan? πŸ˜‰
Tunggu aja sampe udah nggak netes, bisa sambil joget2 apa nyanyi2.. :mrgreen:

Nah kalo pas udah nggak netes lagi, bagian lubangnya dilap, terus bautnya dipasang lagi.. πŸ™‚
Photo0817 Photo0818
Jangan lupa dikencengin ya.. πŸ˜‰
Oke beres?

Sekarang buka tutup filter oli. Ada 3 baut, buka pake kunci ring. kunci T-8.
Kemarin karena kunci ring yg biasa dipake nggak tau ngumpet di mana, saya pinjem tetangga. 😳
Inget, jangan pake kunci pas! πŸ‘Ώ
Terus tunggu sampe oli yg di ruang filter oli keluar semua.. *maap nggak ada foto, tangan belepotan oli.

Ambil filter oli yg baru..
Photo0824Β Photo0823

Terus tarik filter oli yg lama pake tangan.. Jangan lupa inget2 arah filternya. πŸ˜‰
Photo0826 Photo0827 Photo0828 Photo0829
Ih, filter olinya udah kotor.. 😳

Yak, buka filter baru terus masukin ke lubangnya..
arahnya, foto yg di bawah ini yg di dalem.. 😎
Photo0831

yg ini yg di luar…
Photo0830

Pasang tutup filter oli, kencangkan 3 bautnya..
Di tutup oli ada panahnya, itu harus menunjuk ke arah bawah..
Ini foto tutupnya, panah dilingkari kuning..
Photo0820

Sekarang tinggal isi oli yg baru.. 😎
Photo0833
Terus ditutup.. Pasti bisa kan nutupnya? πŸ˜‰

O ya, jangan kaget sama kuatirΒ kalo di lubang intip jadi keisi penuh semua kayak gini.. :mrgreen:
Photo0834
Itu karena ruang filter oli sama oli cooler masih kosong, alias olinya masih ngumpul semua di bawah.. :mrgreen:
Habis mesin dinyalain itu olinya berkurang kok, nggak penuh gitu..

Terus tinggal nyalain mesin deh..
Inget, ENGKOL DULU.. Soalnya mesin masih dalam kondisi “kering”..
engkol 5 kali cukup..

Yak, semoga bermanfaat.. πŸ™‚

Cinta Putih itikiwir uyee…. :mrgreen:

 
42 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 14, 2013 in DIY, Satria F-150

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

GDW/KSS: Tutup Oli Variasi Satria F-150 + Cerita Perjuangan Waktu Beli

Hai.. Hai.. Hai..

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya cari sama pasang tutup oli variasi buat Si Belang… 😎

Yak, hal ini saya lakukan sekitar sebulan yg lalu. Berawal dari kegalauan *halah* saya karena tutup oli Si Belang itu kayaknya gampang bgt dibuka pake tangan jadi kuatir seandainya ada yg iseng masukin sesuatu lewat lubang oli.
Akhirnya saya pun cari di Jogja, muter2 daerah yg masih deket2 sekitar kos-kosan saya. Saya kemarin coba nyari ke Gejayan sama sepanjang jalan Adi Sutjipto.

Pertama saya coba nyari ke Gejayan, karena setau saya cuma ada 1 bengkel+toko variasi yg menurut saya lumayan lengkap, jadi saya langsung ke situ. Ngantri, nunggu giliran tanya sama mas-masnya. Saya tanya, “mas, tutup oli variasi buat FU ada nggak?”. Kata masnya, “ada”. Trus saya liat, modelnya yg ada lubangnya buat dipasangin selang. Jadi tu tutup olinya kayak yg biasa buat motor balap yg buat dikasih selang pernafasan oli mesin, biar suhu sama tekanan oli nggak terlalu tinggi.
Saya pun bimbang, terus saya bilang ke masnya besok lagi aja. Mau coba cari ke toko lain dulu..
Nah, karena waktu itu udah sore saya langsung pulang.

Terus besok siangnya saya coba cari ke sepanjang jalan Adi Sutjipto. Total saya tanya ke sekitar 10 toko variasi, dan hasilnya NIHIL sodara2. 😦 Nggak ada yg punya stok tutup oli variasi buat motor Suzuki, adanya buat Honda sama Yamaha tok. 😦
FYI, model drat/ulir tutup oli motor Suzuki itu model drat halus/jarak antar ulir rapat terus juga lebih kecil2 gitu ukuran ulirnya. Sedangkan Honda&Yamaha model ulirnya sama, drat/ulir kasar. Nasib punya motor Suzuki, cari aksesoris susah.. πŸ™„ 😦

lah, kenapa nggak coba ke daerah lain??

Saya nggak tau jalan di Jogja sama yg toko2 variasi gitu,, Jadi saya cari yg udah biasa lewat aja.

Nah, akhirnya saya pun mencoba cari ke daerah Seturan, ke tempat toko variasi yg saya biasa ke sana. Dan ternyata hasilnya juga sama.. 😦 Rasanya waktu itu lemes sama pengen nangis. Susah bgt cari variasinya.. 😦

Akhirnya saya memutuskan buat beli aja di toko yg ada di Gejayan. Pas dateng, sambil senyum2 ke masnya bilang, “mas, jadi tutup olinya yg kemarin.Β aku tadi udah nyari ke 10 toko nggak ada yg jual sama sekali”. Masnya pun langsung ngambil, ternyata udah disiapin sodara2. :mrgreen:
Saya tanya, “berapaan mas?”. kata masnya, “15 ribu aja”. Saya tanya, “bisa kurang nggak mas?” *sambil cengar-cengir. πŸ˜† kata masnya, ” udah pas mas..”
Ya udah, akhirnya tutup oli pun sudah saya tebus, mereknya WRD.

Penampakannya.. 😎
Photo0718
*dusnya udah kebuang.. 😦

Nah, itu kan tutup olinya model lubang tu, model yg dipasangin selang. Sedangkan saya nggak mau pake selang-selangan, repot sama kurang rapi kesannya. πŸ™„
Akhirnya, saya pun mikir.. Gimana ya caranya buat mampetin/nutup lubangnya? πŸ™„
πŸ’‘ Saya tau, disumpel aja pake baut.. :mrgreen:

Besoknya, sebelum mudik, saya ke toko yg tempat saya biasa beli baut di jalan Adi Sutjipto.
Beli baut L, ukuran 10, warna krom, cukup 500 aja. :mrgreen:
Buat nyumpel aja kok.. 😎
Terus saya juga beli O-Ring buat di tutup olinya, biar olinya nggak rembes. Belinya jauh, ke jalan Magelang. πŸ‘Ώ Cuma seribu Rupiah saja.. :mrgreen: SGP lho… 😎

Nah, dari tadi kan udah cerita waktu mau beli, sekarang ke prosesnya.. 😎
Pertama nutup/nyumpel lubangnya dulu..

Ambil baut L nya..
(ilustrasi..)
baut L
:mrgreen:

Lubang di tutup olinya tu diameter 7 mm (baut ukuran 11), sedangkan di toko nggak ada. 😦
Jadinya saya beli yg diameter ulir 6mm (baut ukuran 10), terus saya kasih lem bagian ulir sama deket kepalanya.. 😎 πŸ’‘

lem apa??

Ini lho.. 😎
Photo0835
Nyampur dulu, antara resin sama hardenernya, rasionya 1:1.

Nah, terus lemnya diolesin ke bagian ulir baut sama deket kepala bautnya..
Kayak gini ilustrasinya..
baut L + lem
yg titik-titik warna kuning itu lemnya..
*maap bagian proses ngelem cuma pake ilustrasi soalnya kemarin repot mau foto. tangan belepotan lem, terus juga takut kalo lemnya netes ke mana-mana..

Yak, langsung aja di tancepin ke lubang di tutup oli..
Pas awal2 biar cepet nempel bisa ditiup2 beberapa kali.
Terus biar kering total, bisa didiemin semalem. Kalo saya kemarin dikeringin pake hairdryer selama sekitar 30 menit.. :mrgreen:

Nih, jadinya kayak gini..
Photo0726

Nah, terus O-Ringnya dipasang juga..
Photo0725

Yak, ayo dipasang… πŸ˜‰

Pertama lepas dulu tutup oli aslinya. Diputer pake tangan aja, kalo susah bisa diputer pake tang tapi dilapisin pake kain biar nggak lecet.
Nih, tutup oli aslinya..
Photo0743

Sekarang pasang tutup oli variasinya pake kunci pas ukuran 17..
Photo0733

Ini penampakan setelah kepasang.. 😎
Photo0734 Photo0736
Gimana? πŸ˜‰ 😎

Semoga bermanfaat.. πŸ™‚

Silakan dikomentari.. πŸ˜€

Cinta Putih itikiwir uyee.. :mrgreen:

 
29 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 6, 2013 in DIY, Pengalaman, Satria F-150

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

Video Si Belang (2)

Hai.. Hai.. Hai..

Kali ini saya cuma mau share sebuah video Si Belang (lagi).. 😎 :mrgreen:

Yak, setelah sebelumnya saya udah pernah share video di artikel ini yg tentang bikin Si Belang bisa merem.. 😎
Nah sekarang ini sebenernya video tentang Si Belang yg habis ganti silencer, mulai dari habis beli, terus proses pasang, sama pas mejeng. :mrgreen: :mrgreen:

Video ini sebenernya dibuat udah 2 bulan lalu, tapi kebetulan pas mau upload pasti internet galau. πŸ‘Ώ
Kalo misalnya pas nggak galau, pasti lupa. 😳 :mrgreen:

Cekidot aja deh… 😎

Maaf kalo kualitas videonya jelek, maklum ngerekamnya pake hp.. 😳

Silakan dikomentari.. πŸ˜‰ :mrgreen:

Cinta Putih itikiwir uyee… :mrgreen:

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 2, 2013 in Pengalaman, Satria F-150

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

1st Trip to Jogja with Si Belang (FC test inside)

Hai.. Hai.. Hai..

Kali ini saya mau berbagi sedikit cerita waktu saya kemarin hari Jumat tanggal 2 November 2012 ngelaju ke Jogja pake si Belang.. πŸ™‚ 😎

Nah, ceritanya dari hari Seninnya saya udah pengen nyoba bawa si Belang ke Jogja pas hari Jumat, soalnya pengen tau rasanya pake siΒ Belang buat jarak jauh, penasaran sama konsumsi bahan bakarnya,Β sama buat nambah-nambahin angka di odometer. Udah 10 bulan, tapi 500km aja belum tembus… πŸ™„ :mrgreen:
Trus pas, hari Kamis pulang kuliah saya langsung puan ke rumah. Sekalian barang2 dibawa semua, biar pas Jumatnya nggak bawa apa2.. 😎

Langsung aja ke ceritanya sekarang.. 😎
Berangkat dari rumah jam 5 pagi, bensin udah full. :mrgreen: *jarak dari rumah-kos, menurut spido si Item (Mio) yg biasa dipake buat ke Jogja adalahΒ 90km.
ini odometer waktu berangkat dari rumah.. 😎 ➑

Tu kan masih dikit.. 😎 :mrgreen: *tanpa rekayasa lho ini.. swearr…

Trus berangkat, jalan pelan2. Oper gigi maksimal cuma sampe 4000rpm tiap giginya, kadang kebablasan sampe 4500.. πŸ˜€
*masih reyen.. 😎 Kecepatan waktu gigi 6 sekitar 55-60 kilometer/jam. 😎
Jalan pelan2, sama sekali nggak nyalip mobil/truk kalo jalan nggak bener2 sepi, biar nggak ngelebihin limit.
E ya, SDMSnya di mode Eco, jadi kalo sampe 4500rpm kedip2. Nah batasnya cuma sampe indikator kedip2.. 😎
O ya, kebeneran dari rumah saya udah masang timer di hp, yg terus dikantongin di kantong jaket. Saya pasang di 1 jam, jadi begitu kerasa geter2 langsung berhenti buat istirahat ndinginin mesin. *prosedur reyen yg bener
O ya impresi sebelum 1 jam, setelah jalan sekitar 15 km, tangan mati rasa.. πŸ‘Ώ :mrgreen: belum terbiasa sama riding positionnya.. πŸ™„
Terus jalan terus, lancar terus kebeneran, cuma kena lampu merah 1x.
Terus jalan, pas hp udah geter2, berarti udah 1 jam, dan kok ya kebeneran hampir sampe SPBU Sagan Wates. 😎
Terus berhenti deh.. :mrgreen: Istirahat sekitar 30 menit, ndinginin mesin sama sedikit pelemasan otot yg mati rasa+agak pegel. 😈
Ini foto Si Belang pas lagi istirahat di Sagan, nggak pake foto yg naik.. ➑ :mrgreen:

Ini foto odometernya.. ➑ 😎
Jadi dalam 1 jam menempuh jarak: 333,6-293,8=39,8->40km. *biasanya saya kalo pas naik si Item sampe SPBU Sagan cuma sekitar 40menitan. 😳

Yak, setelah sekitar 30 menit istirahat, Mesin udah agak mendingan panasnya, terus badan juga udah nggak terlalu pegel, lanjut perjalanan. 😎
Nah, kebetulan jalan udah mulai rame+matahari udah mulai panas. Trus juga sempet kena macet di daerah mana gitu, nggak tau namanya, pokoknya ada markas brimob. Pas lagi ada jalan sehat gitu.. Trus daripada macet2an, saya belok ke SPBU, yg kebetulan di seberang markas Brimob.
Trus pas kira2 udah lumayan lancar, lanjut perjalanan.
Habis itu relatif lancar terus, paling ngurangin kecepatan buat nyebrang anak sekolah aja.. 😎

Nah, terus pas sampe daerah Jombor juga kebetulan masih lumayan sepi.. 😎
jadi nggak perlu bermacet2 ria.. :mrgreen:
Lanjut jalan terus, paling tersendat dikit di lampu merah yg padet. 😦
Trus pas sampe ringroad yg kalo ke kiri di papan petujuk arah ke kiri tu terminal condong catur, di situ juga mobilnya nggak terlalu rame, jadi ambil jalur ke kanannya gampang. πŸ™‚
Saya belok ke kanan ke Jalan Gejayan, terus lurus, sampe Gudeg 8055 belok kiri. Trus habis itu jalan terus sampe kos.. Sampe kos jam 8, untung kuliahnya jam 10.. 😳
Jadi dari rumah-kos : 3 jam. Biasanya pake miong cuma 2 jam… 😳
Begitu sampe kos,Β masih sepi. :mrgreen:
Langsung parkir standar tengah di depan kamar.. πŸ˜€
Saya langsung masuk kamar, tiduran, Pegel+capek sodara-sodara.. πŸ‘Ώ
Ini foto odometer pas sampe kos.. ➑
Jadi, jarak rumah-kos menurut odometer si Belang: 380,5-293,8=86,7.
Selisih sekitar 3 km dari odometer si Item. πŸ™„

Beberapa foto waktu di kos.. 😎

Nah, terus sekitar jam setengah 10an, saya berangkat ke kampus.Panasin dulu bentar, biar olinya muter dulu. πŸ™‚
Trus keluar, jalan pelan2 sampe kampus.
Pas sampe di parkiran belakang kampus, waduh kok jalan yg ke parkiran sebelah kanan udah ditutup, yg artinya udah penuh. 😳 πŸ™„ bukan kenapa2, tapi kalo yg ke kiri tu parkirannya jauh dari kelas, terus juga dempet-dempetan+kepanasan. πŸ‘Ώ
Tapi saya nggak kurang akal, belok kiri dulu, terus muter, habis itu masuk nerobos palang. :mrgreen:
Untung nutupnya nggak rapet.. hehe Tapi biasanya meskipun ditutup, tapi aslinya masih ada tempat. Tukan parkirnya lebay.. πŸ˜† Untung ada 2 orang yg kenal baik, jd tetep boleh masuk, tapi kalo mahasiswa lain nggak boleh. :mrgreen:
Nah, terus jalan pelan2, tengok kiri kanan. Nah, bener kan masih ada yg kosong.. πŸ˜›
Ya udah saya parkir di situ.. πŸ™‚ hehe
Terus habis itu kuliah, kelas cuma 1 jam, udah gitu kelasnya di lantai 3. πŸ‘Ώ 😳

Selesai kelas, terus pulang. 😎
Trus saya ngambil si Belang, jalan ke loket, ngasih karcis, pulang ke kos deh, tapi muter2 deket kampus duyu.. 😎
O ya, ada yg aneh lho pas di kampus.. Masa waktu saya naik si Belang dari tempat parkir ke loket, banyak yg ngliatin.. πŸ™„ Mulai dari petugas, sampe mahasiswa. πŸ™„
Apa saya yg terlalu keren? πŸ˜†
Apa karena si Belang yg waras? πŸ™„ soalnya kan jaman sekarang, “FU cacingan itu sudah terlalu mainstream
Yak sudahlah, nggak usah dibahas panjang2.. :mrgreen:
Maap pas di parkiran nggak ada fotonya, hp kamera saya lagi2 pas lowbatt, jadi nggak bawa. 😦

Sampe di kos, parkir lagi di tempat semula.. πŸ™‚
Terus saya masuk kamar, tidur2an lg.. πŸ˜€
Nah, yg heran lg pas di kos kan waktu itu pas waktunya mau Jumatan, kan banyak temen kos yg lagi siap2. (saya nggak Jumatan.. πŸ™‚ )
Kebetulan kamar saya tu pasti kelewatan kalo pada mau ngambil motor, ke kamar mandi, sama ke tempat cuci gitu.. Nah, lagi2 pada ngeliatin si Belang semua lho.. 😯 πŸ™„
Sampe temen kos yg pake FU pun juga ngeliatin. Ada apa sih sebenernya? πŸ™„
Terus kan pas tidur2an, perut saya kok laper. Jadi keluar dulu, beli mi ayam, makan di tempat. πŸ˜€ *nggakpenting
Untung warungnya pas sepi, jadi duduknya bisa deket tempat si Belang di parkir. Jadi nggak terlalu was-was.. 😈
Habis makan, pulang ke kos lagi. Tiduran, nyetel tipi sm dengerin musik.. :mrgreen: hehe

Terus kira2 jam setengah 3 an, siap2 mau pulang. πŸ™‚
Nggak lupa ngisi bensin dulu, premium ajah.. :mrgreen: 😳
Ngisinya di SPBU COCOΒ Adi Sutjipto, yg orang Jogja/ udah lama tinggal di Jogja pasti tau. Pokoknya kalo dari Amplaz kiri jalan.. πŸ™‚Β Pas ngisi bensin, kira2 jam 3an.
Ngisi 2 liter, 9ribu, udah full.. *maap notanya ilang, padahal udah minta, pas di rumah dicari nggak ada. 😦
Tapi saya nggak bohong karena bohong itu dosa, dan saya juga nggak dapet apa2 seandainya bohong..
Ini odo waktu ngisi bensin.. :mrgreen:
Jadi, 385,9-293,8=92,1. 92,1:2=46,05.
Jadi si Belang konsumsi bahan bakarnya, 1 liter premium buat jalan 46,05 km (1:46,05), dengan riding style ala orang belajar, nyantai sodara2.. πŸ˜† *Boros yak? πŸ™„

Terus jalan pulang, perjalanan ya gitu lah.. Macet+padet sodara2.. :/
Jogja jam2 segitu kan memang jalannya padet..
Tapi masih enak lah, sampe di daerah Jombor yg nyebelin. πŸ‘Ώ
Jadi kan di Jombor lagi ada pembangunan flyover, otomatis kan macet.
Nah, udah cuaca pas panas, macet, capek, eh ada sesuatu.. πŸ‘Ώ
Dari belakang, pas lagi macet2, tau2 kok si Belang maju sendiri, padahal nggak digas. Pas nengok, eh ada mobil warna biru tua yg ndorong knalpot si Belang. Pas pertama kali sih saya cuma nengok aja..
Nah, yg parah tu kejadian sampe 3x sodara2.. 3 kali/ TIGA KALI! kalo undian dapet piring cantik tuh… πŸ‘Ώ
Yg pertama sama kedua sih saya cuma nengok aja, yg ketiga saya pelototin agak lama.. πŸ˜―Β πŸ‘Ώ
Majunya klo cuma dikit, apa cuma goyang sih nggak knapa2, lha ini mungkin sekitar 15cm sodara2. Bayangkan…
Siapa coba yg nggak jengkel?? Motor disayang-sayang, mana silencernya baru ganti, eh udah dikenain bemper?!!! πŸ‘Ώ *jujur, baru pertama kali ini saya sampe melototin orang di jalan.. Udah kelewatan bgt soalnya.
Mbok ya kalo pengen ya beli to pak.. πŸ‘Ώ
Kalo misalnya ada dendam/ sentimen sama pengguna FU, pelampiasannya jangan sama si Belang. wong nggak salah apa2, nggak cacingan juga. Jalannya juga di pinggir.. πŸ‘Ώ
Atau kalo misalnya nggak mau kena macet, terbang aja pak.. *sakingjengkelnya…:evil:

Yak, setelah dibikin jengkel di Jombor, 2 lampu merah berikutnya saya coba nengok ke silencer si Belang..
Lampu merah pertama, kebetulan pas merahnya cuma kena bentar, jadi nggak terlalu merhatiin.
Pas lampu merah kedua, kebetulan pas baru aja merah, dan timernya sampe skitar 1 menit lebih.. Jadi saya coba nengok lumayan lama, sekilas sih masih mulus. Nggak berani turun, soalnya takut kalo tiba2 ada org yg naik si Belang. πŸ‘Ώ πŸ™„
Terus sampe daerah mana itu, jalannya basah bekas ujan. Bikin kotor.. 😦
Lalu lintas lumayan lancar, jadi nggak perlu diceritain..
Agak tersendat paling pas persimpangan Gamping..
Lancar terus.. πŸ™‚

Terus pas udah sampe daerah mana itu, berhenti istirahat di SPBU Hollywood. 😎
Nggak tau nama daerahnya, tapi buat yg sering ngelaju ke Jogja pasti tau.. πŸ˜‰
Istirahat lumayan lama, duduk2, ngelemesin tangan+ndinginin mesin. πŸ˜€
Sempet beli minum bulir jeruk, lumayan seger.. πŸ˜† *nggakpenting
Di sini saya juga coba ngecek silencernya, dan ternyata aman.. 😎
Hasil nabung sekitar 2 bulan dengan cara mengurangi makan, cuma sehari sekali. :mrgreen:
Poto di SPBU Hollywood.. 😎

Terus ngelanjutin perjalanan.. 😎
Pas sampe daerah mana itu, pokoknya pas jalannya lebar, pasΒ lagiΒ sepi iseng2 penasaran coba puter gas sampe 6000rpm. dann,,, WAOWW….
Maknyuuttt…. 😳
Karena masih reyen, jadi langsung kembali ke style ala reyen, maks 4000-4500rpm. πŸ™‚
Sampe rumah jam 6.. 😳

Impresinya PEGEL! πŸ‘Ώ πŸ˜†
Tapi enak, di rpm 4500 konstan tu enak.. :mrgreen:
Handling lumayan lincah menurut saya.. πŸ˜€
Terus, hari Sabtu+Minggu jatah saya tidur, istirahat total.. Badan pegel semua sodara2… πŸ˜†
Tangan juga sakit, ngangkat piring waktu makan sampe nggak kuat.
Mungkin belum terbiasa aja saya.. πŸ™„

Yah, saya rasa cukup sekian aja… Artikelnya udah puaannjaannggg buaaangeettt…
Capek ngetiknya.. πŸ˜†
Udah ngantuk banget juga… 😦

BonusCeessss…. Mungkin kalo kemarin perginya sama Ve, nggak terlalu capek. :mrgreen:

Cinta Putih itikiwir uyee… :mrgreen:

 
50 Komentar

Ditulis oleh pada November 8, 2012 in Opini, Pengalaman, Satria F-150

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

GDW/KSS: Ganti Oli Mesin Yamaha Mio

Hai.. Hai.. Hai..

Ketemu lagi sama saya.. :mrgreen:

Kali ini saya mau berbagi pengalaman waktu ganti oli si Item yg adalah seekor Yamaha Mio kelairan taun 2007 tadi pagi. :mrgreen:

*ah basi.. πŸ˜›

Biarin.. πŸ˜› πŸ˜†
daripada nggak ada bahan buat artikel. πŸ˜† Selain itu juga kan belum tentu semua orang udah tau caranya ganti oli Mio.

Keinginan ganti oli ini berawal ketika tiba2 kemarin pas hari Kamis pagi pas manasin Si Item di kos, tiba2 ngebul. 😯
Saya langsung panik, tapi trus saya dengerin suara mesin bener2. Masih alus bgt kok, berarti mesinnya nggak kenapa2.. :mrgreen:
Trus saya buka tutup lubang isi oli buat ngintip volume oli..
Pas dibuka, Jreennggg….
Permukaan oli nggak keliatan sama sekali.. 😯 😳 πŸ™„
alamak, gimana ini?? πŸ™„
Trus saya coba tekan buntut Si Item ke bawah, dan jreng.. baru keliatan permukaan olinya, dan itu juga item bgt.. 😳
Tapi akhirnya saya putuskan buat ganti oli di rumah aja..
Dan pas di perjalanan pulang, Si Item nggak enak bgt rasanya. Kecepatan lebih dari 80 geterr.. πŸ‘Ώ

Akhirnya tadi pagi ganti oli, diisi pake oli yg sebenernya jatah buat Si Belang. :mrgreen:

Lanjut ke pokok pembicaraan.. πŸ˜‰

Yang perlu disiapkan:
-panci buat nampung oli bekas
-oli baru
-kunci ring nomer 12 buat buka baut pembuangan oli
-corong yg ada selangnya buat nuang oli baru ke mesin.

Caranya:
1. Standar tengahin motor. Pasti udah tau + bisa standar tengah kan? πŸ˜‰ :mrgreen:
2. Buka baut penutup pembuangan oli mesin di sebelah kiri bawah, pake kunci ring. Eit, tapi sebelumnya taruh dulu panci buat nampung oli bekas.

2. Tunggu oli bekas keluar sampe tinggal tetes terakhir.. πŸ˜‰
Tunggu sampe setengah jam an, bisa sambil dengerin musik, baca koran/buku, kalo nggak joget Heavy Rotation apa Gangnam Style. :mrgreen: πŸ˜† *kalo tadi saya tinggal nonton Doraemon dulu. :mrgreen

item olinya

3. Kalo yakin udah bersih, terus dimiringin udah nggak keluar olinya,Β pasang+kencangkan baut pembuangan. Pastiin udah bener pasangnya.. πŸ˜‰ bisa kan masangnya?Β πŸ™‚

4. SekarangΒ giliran nyiapin olinya.. πŸ™‚
BukaΒ oli barunya. πŸ˜‰ *tergantung oli yg dipake
Kalo tadi saya ngisiin oli ini.. ➑Yak, SGO 20W-50.. :mrgreen:
Kan di atas saya udah nulis kalo oli yg saya isi yg sebenernya jatah buat si Belang. πŸ˜€

5. Buka tutup pengisian oli di sebelah kanan mesin.. πŸ˜‰ Pake tangan, kalo keras/susah bisa pake tang yg dilapisi kain. πŸ™‚

Siapkan/ambil corong yg ada selangnya.. πŸ˜‰
*penampakan yg saya pake… πŸ˜€

Trus pasang/tempatkan selang+corong ke lubang pengisian. ➑
Nah, terus tinggal tuang olinya pelan2.. πŸ˜‰
Maap tadi pas ngisi nggak difoto, soalnya ribet. πŸ™„

O ya, Yamaha Mio volume oli mesinnya 800cc yah.. πŸ˜‰
Yg enak ya beli yg botol isi 800ml, jadi tinggal tuang… :mrgreen:

*eh ya, kayaknya tadi di foto kan di botolnya ada tulisan 1100ml kan ya? πŸ™„
itu nuangnya gimana? kan siapa tau di bengkel stok oli yg 800 pas kosong.. πŸ˜•

Itu sih gampang.. :mrgreen: Pake dong fitur yg udah disediain sama pabrikan..
Itu tu deepstick, batang yg biasanya nempel/dicetak jadi satu sama tutup oli, yg fungsinya buat ngukur/memperkirakan volume oli di karter.
Ini penampakan di Yamaha Mio.. ➑

Jadi tu caranya pas kira2 ada feeling di botol olinya udah tinggal 1/6, coba colok tutup oli ke lubang pengisian. Trus diliat udah pas apa belum.. πŸ™‚
Gitu aja.. :mrgreen:
Gampang kan? πŸ˜‰

Eh ya ketinggalan, rasanya pake SGO itu..
hmm… Suara mesinnya haluss banget, trus juga tarikan gas padet.. πŸ™‚ Cocok sama karakter saya…. :mrgreen:

Yah, saya rasa cukup sekiann.. πŸ™‚

Semoga berguna… πŸ™‚

YAMAHA MOTORNYA, SGO OLINYA

:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Cinta Putih itikiwir uye.. :mrgreen:

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2012 in DIY, Mio

 

Tag: , , , ,

Kereatip! :D (semi GDW/KSS)

Hai.. Hai.. Hai..

Ketemu lagi ni sama saya, setelah beberapa waktu saya sempet vakum karena menggalau. (glodak! bahasanya itu lho.. πŸ™„ )
Yah, tapi untungnya galau saya udah ilang beberapa hari lalu dan semua sudah kembali seperti semula.. Bahagia selamanya… (ciee.. ciee.. πŸ˜‰ :mrgreen:

*udah ah, cepetan! curhat terus! intinya apa? πŸ‘Ώ

Yah, jadi intinya saya mau berbagi pengalaman saya beberapa bulan lalu.. (lupa persisnya πŸ˜• )
Jadi kan waktu itu saya lagi senengnya main open filter pada Si Item (maaf artikel impresi si item belum dibikin juga).

Nah, kalo awal-awalnyaΒ waktu itu tu saya copot bagian elemen kertas penyaringnya, jadi bener-bener los.. tapi tu nggak enaknya suaranya gimaaannaaa gitu dikuping.
Pas stasioner aja bunyi obok-obok, trus kalo pas digeber kadang suka ngempos juga. :mrgreen:
Intinya tu bikin galau lah. :mrgreen: (galau maning! πŸ‘Ώ )

*trus kenapa nggak dipasang aja filternya? πŸ™„

Nah, itu dia masalahnya.. Kalo dipasang tu bikin tarikan ngeden, terus juga bensin jadi boros, selain itu juga karburator kotor bgt. 😈 Nggak enak banget lah.. 😦
O ya, FYI filter udara Si Item tu masih model yg kertas biasa.. πŸ˜‰ Entah karena minta ganti apa karena udah biasa open filter gitu.. Sempet di open kira2 stengah taunan lah tanpa penyaring sama sekali.. πŸ˜† (masih tertinggal virus alaynya)

Nah, dari situ saya mulai mikir gimana caranya biar nggak usah pasang filter aslinya, tapi udara tetep kesaring.. πŸ™„
Mulai deh, saya coba-coba.. πŸ˜€

Waktu itu pertamanya saya coba pake masker kesehatan. Jadi masker yg buat di rumah sakit itu lho, yg bahannya kayak dari kain apa semacem kertas tisu gitu, dipotong talinya..
Jadi cuma diambil bagian penyaringnya aja.. :mrgreen:
Trus habis itu ditempel di dalem boks filter, dikasih isolasi gitu.. Posisi pasangnya di bagian yg buat jalan angin.. :mrgreen:
Dan, hasillnyyaaa…. ngeden pemirsa. πŸ˜†
Maskernya malah kayak menghalangi udara buat masuk ke arah karburator.. :mrgreen:
Filter masker ini cuma bertahan seminggu. :mrgreen:
(maaf yg pertama ini waktu itu nggak sempet foto2.. lagian juga gagal, jadi nggak perlu juga dikasih foto. πŸ˜† )

Nah, habis itu, saya mikir lagi.. πŸ˜•

Akhirnya ketemu..
Saya pake kain bekas, dipotong seukuran boks filter, trus pasangnya dijepit gitu.. *nanti ada foto filternya
Waktu itu saya nggak tau kain bekas apa, yg jelas tu tipis, tapi seratnya rapat. πŸ˜€
Trus percobaan yg ini hasilnya sukses.. Stasioner suara alus kayak pake filter asli, tapi begitu gas dibetot kira-kira sampe kecepatan 60 kpj mulai keluar suara khas open filter, ngoookkkk… :mrgreen:
Tapi suaranya lebih merdu dibanding yg lepas filter.. πŸ˜‰ πŸ˜†
Pemakaian kain ini sampe dilakukan penggantian sekali, kira2 setelah dipake 2 bulanan. :mrgreen:
Ciri pas udah minta diganti tu pas gas udah nggak responsif lagi.. πŸ˜†

O ya, ini penampakan filter kain yg pertama setelah diganti.. Sedangkan untuk penampakan kain yg kedua nggak saya foto karena hasilnya sama aja… πŸ˜€
Cekidot.. ➑
Ini sisi yg bagian menghadap ke karburator.. 😎 lumayan kotor.. πŸ˜†

Waow.. 😯 Kotorr!! Item..

Nah, dari foto di atas keliatan kan ada bagian yg belubang jumlah 4 lubang? πŸ˜‰
Nah, itu lubang karena baut/ sekrup tutup boks filter. Jadi posisinya tu dijepit.. πŸ˜†
Begitulah kira kira.. :mgreen:

*trus ini maksudnya artikel apaan yak? GDW/KSS (DIY) apa sekedar curhat? πŸ™„

Lha itu kan dijudul udah ada tulisannya.. “SEMI”
Jadi tergantung pembaca mau menganggapnya apa? πŸ˜†
Mau ditiru boleh, nggak juga saya nggak rugi..
Saya cuma berbagi aja.. :mrgreen:

O ya, setelah penggantian yg kedua, waktu itu saya nggak ganti pake kain.. Soalnya cepet kotor, trus juga kalo mau ganti apa bersihin juga susah. 😦

Jadinya, waktu itu kebetulan kan ada rencana mau ganti ban belakang gede, jadi diganti pake filter udara New Mio (mio smile) yg udah tipe “viscous element” alias yg udah ada lapisan olinya itu lho.. Jadi kan biar nggak usah repot bersihin.. :mrgreen:
Kebetulan sebentar lagi udah mau ganti, jadi ditunggu aja ya.. πŸ˜‰

Mohon komentarnya.. πŸ˜‰ :mrgreen:
Silakan kalo mau ditertawakan juga boleh.. πŸ˜†

Cinta Putih itikiwir uyee… :mrgreen:

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 28, 2012 in DIY, Mio, Pengalaman

 

Tag: , , , ,