Hai.. Hai.. Hai..
Ketemu lagi ni di sini, tapi udah di bulan baru.. *nggak penting 😀
Kali ini adalah artikel spesial pertama dari blog itikiwir ini..
kenapa saya kasih judul GDW/KSS? emang itu apa artinya?
Yah, klo istilah DIY (Do It by Yourself) kan udah umum dipake, nah saya pengen bikin sesuatu yg baru. Arti GDW yaitu “Garap Dhewe Wae” atau kalo bahasa Indonesianya Kerjakan Sendiri Saja disingkat KSS.
Intinya saya mau sedikit cerita tentang pengalaman ganti oli mesin Suzuki Skywave saya yg saya beri nama “Si Putih”
Ini pengalaman pertama ganti oli Si Putih, soalnya memang belum pernah ganti oli, padahal udah berumur 1 taun 7 bulan 26 hari. 🙄 (kisah selengkapnya nyusul)
Langsung aja ya..
Alat dan Bahan yg harus disiapkan:
-kunci ring/ kunci sok ukuran baut no 8
-kunci ring ukuran baut no 12
-oli, SGO tentunya.. (Rp 32.000, 1.100ml)
-filter oli, SGP pasti (Rp 7.500)
-panci bekas buat nampung oli bekas
-corong yg dipasangi selang buat nuang oli baru
-lap buat ngelap mulut habis minum oli bekas tangan sama bagian yg perlu dilap.
-niat sama keberanian. *belum pernah utak-atik motor ini, masih kinyis2 dari pabrik semua. *nggak penting
-hp buat foto narsis proses pengerjaan sama alat2 dll.
Prosesnya
1. letakkan panci di bawah baut pembuangan oli. letak bautnya di bawah mesin, sebelah kanan agak ke belakang. deket sama standar tengah. 🙂
2. Buka baut pembuangan (dilingkari merah) pake kunci ring 14.
3 Tunggu sampe oli keluar semua, kalo perlu bisa dibantu pake ngengkol tapi kontak off.
Tu kotor olinya, item.. 👿
Trus kira2 olinya udah netes2, buka/lepas tutup filter oli di sebelah kiri. copot 3 baut ukuran kunci 8 pake kunci ring, klo susah pake kunci sok/T.
kalo susah jangan dipaksa nanti kaya saya tadi.
kepala baut rusak gara2 pake kunci ring maut. slek.. 😦 *kira2 baut kaya gini berapaan ya? 😕 😦
baut yg rusak bisa dilepas setelah pinjem kunci sok ke tetangga yg buka bengkel.
pasang filter baru
awas masang filternya jangan kebalik ❗
Habis itu pasang lagi tutup filternya.
Terus akhirnya baut yg rusak di atas diganti pake baut L. 😦 yg rusak lingkaran yg di bagian dilingkari merah. Tadinya yg mau diganti cuma yg rusak, tapi karena jadi keliatan jelek akhirnya diganti semua.. 👿 tapi agak lumayan, keliatan kaya motor balap. *halah.. 👿
mengurangi nuansa mewahnya.. 😦
*maap, foto pas posisi filter oli dilepas nggak ada, tangan belepotan oli semua. 😉
Habis itu, pasang baut pembuangan. Terus tuang oli baru pake corong, pastinya lubang pengisian dibuka dulu.
*maap, foto corong, sama proses pas nuang nggak ada.. lupa foto, repot soalnya.
saya pake oli SGO 20w-50 (sesuai anjuran) yg 1,1 liter sesuai anjuran kalo ganti filter oli. 🙂
Habis itu udah dweh, tinggal dipanasin aja.. tapi tadi saya engkol dulu, mikirnya sih biar oli baru muter dulu. 🙂
Impresinya ya agak nyesek sih baut rusak, soalnya tadinya kunci ring yg biasa dipake ngumpet*lupanarohdimana*, trus pake kunci ring seadanya.. 😦
Impresi penggunaan oli: kok suaranya agak kasar dibanding pas masih oli bawaan dari pabrik ya? 😕
padahal warna barunya sama2 ijo, trus kekentalannya juga sama.. 😕
Yah, sekian aja..
Mohon kritik, saran, ide, masukan.. 😉
E ya, foto koleksi pribadi.. maap klo agak2 ngeblur.
Salam Jempol digoyang..
Cinta Putih itikiwir uyee..
shogun110tromol
Juli 2, 2012 at 1:25 pm
nggak apa-apa, baut L lebih keren
axo92
Juli 2, 2012 at 1:26 pm
tapi aslinya krom bro.. 👿 😦
shogun110tromol
Juli 2, 2012 at 1:28 pm
baut Lnya dikrom aja bro *ratjoen
sekalian sama blok2nya, muahahahah 😆
axo92
Juli 2, 2012 at 1:34 pm
baguzz… 😈
besok klo pas ada waktu beli yg stainless ah, kan tampilan ala krom..
kemarin darurat aja sih, jadi seadanya dipake.. 😦
shogun110tromol
Juli 2, 2012 at 1:35 pm
sip dah
galah pengering
Juli 5, 2012 at 1:10 am
kok nggak pake SGO matik ? neng yatee saya malah pake enduro
axo92
Juli 5, 2012 at 12:18 pm
SGO matik kan lbih encer mas, 10w-40. 😦
trus juga anjuran di buku petunjuk suruh pake yg 20w50, jadi ya nurut dulu sambil survey. 😆
pake enduro enak nggak mas? jadi kasar ndak mas suarane?
bimo96
Juli 6, 2012 at 11:25 am
no comment dah…belum pernah ganti oli sendiri 😀
axo92
Juli 6, 2012 at 4:58 pm
ya coba bim.. 😉
makasih udah mampir.. 😆
ipanase
Juli 7, 2012 at 1:20 pm
enaknya suzuki, ada filternya……hmmm
oli hitam tanda bagusss
axo92
Juli 7, 2012 at 1:39 pm
hehe
setauku megison juga ada lho mas.. 😕
waa.. tapi bikin kaget mas, udah item gitu. padahal waktu dicek lewat tutup oli masih keliatan coklat.. 😦
makasih udah mampir mas.. 😆
ipanase
Juli 7, 2012 at 1:40 pm
wjwkwkw, megison malah cuma filter kasa, bukan kertas,,,,
oli hitam malah josssssssssss, pertanda bagus
axo92
Juli 7, 2012 at 1:48 pm
ini juga ada fiter kasa kawatnya juga.. hehe
sip mas..:)
kabare megison skrang piye mas?
ipanase
Juli 7, 2012 at 1:50 pm
josssssssssss
bisnisrupiah
Desember 29, 2013 at 9:19 pm
Skywepku pakai oli Eneos mas. Harganya 75rb asli jepun. Mesin halus banget.
axo92
Mei 21, 2014 at 1:59 pm
waduh.. lumayan mahal juga ya… 🙄
kalo sekarang pake prima xp. hehe 🙂
makasih udah mampir.. 😀
beruangjugamanusia
Februari 13, 2014 at 10:58 am
bukannya klo matic yg 10w (kopling kering)
axo92
Maret 7, 2014 at 9:46 am
matic 125cc suzuki beda bro.. di buku petunjuk disarankan 20w-50
makasih udah mampir.. 😀
riadi
September 2, 2016 at 8:05 pm
Malam mas bro……kl oli suka netes pas motor ha is dipake itu bocor apanya ya……..baut kenceng………oli per berapa km ganti ……kl oli sampe habis itu gimana resikonya……thx
axo92
April 25, 2017 at 12:42 am
netes dari sebelah mana masbro? 🙄
ganti oli tiap 2500 km kalo saya.. 🙂
maaf baru bales.. makasih udah mampir….
Ardy
Mei 9, 2017 at 12:22 pm
Maaf nanya mas baut tap oli putar kunci arah kanan atau kiri?
axo92
Mei 19, 2017 at 5:45 pm
kiri masbro, normal kok… 🙂
maaf baru jawab..
makasih udah mampir…
raphli
Januari 14, 2018 at 4:37 pm
Min kalau murnya susah dibuka ada solusinya ga?